Brodjo Sudjono: Pemerintah Harus Batasi Prodi PTN

Prof-Brojo-Sudjono-300x225

Solo – Pemerintah hendaknya mulai membatasi jumlah program studi (Prodi) Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Karena jika tidak, akan merugikan perguruan tinggi swasta (PTS), dan mengurangi animo calon mahasiswa untuk mendaftar di PTS.

“Selain itu, pemerintah pilih kasih terhadap PTS, karena setiap PTS hendak menambah program studi selalu dipersulit,” ujar Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) wilayah VI Jawa Tengah, Prof Dr Brojo Sudjono saat bertemu wartawan, di sela-sela acara Halal Bihalal APTISI di Kampus Unisri, Solo, Selasa (26/8).

Dengan tidak dibatasi penambahan prodi di PTN, menurut Brojo, belakangan ini prodi di PTN bertambah terus. Akibatnya, porsi yang sebenarnya bisa diambil oleh PTS, maka secara otomatis diambil PTN. Sehingga kesempatan PTS untuk berkembang menjadi sulit.

Seiring dengan itu, kata Ketua APTISI Jawa Tengah, setiap PTS akan menambah prodi tertentu, maka akan dibebani persyaratan yang sangat membebani. Misalnya proses pengangkatan sumber daya manusia di lingkungan PTS, dosen dipersyaratkan tidak boleh lebih dari usia 50 tahun.

“Selain itu juga ada larangan, bekas guru besar tidak bisa mengajar di PTS, termasuk pelarangan PNS pada studi-studi tertentu tidak boleh mengajar di PTS,” ujarnya.

Sumber: timlo.net