APTISI Aceh Siap Bantu PTS Menerbitkan Jurnal

cemerlang-aptisi-aceh-620

Banda Aceh – Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Aceh, Ir. H. Hidayatullah Daud, M.T. mengatakan bahwa setiap Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang merasa kesulitan untuk menerbitkan jurnal ilmiah, APTISI siap menjalin kerja sama untuk menyiasati kendala yang dihadapi oleh PTS. Hal ini disebabkan perguruan tinggi baik swasta maupun negeri jumlah publikasi ilmiah para dosen masih kurang.

“Dengan adanya jurnal ilmiah, para dosen memiliki wadah untuk mempublikasikan karya ilmiahnya. Oleh karena itu, kita mencoba menjadikan ini sebagai motivasi bagi PTS yang ada di Aceh, setiap program studi punya jurnal ilmiah dan APTISI siap membantu prodi-prodi PTS di Aceh,” kata Hidayatullah kepada BBG News, Selasa (7/4).

Beliau menambahkan, guna memotivasi para dosen untuk mempublikasikan karya ilmiah, APTISI Aceh, pada Mei 2015 mendatang akan menerbitkan Jurnal Cermelang yang di dalamnya memuat beragam hasil riset penelitian dari berbagai disiplin ilmu.

“Pada edisi pertama, artikel jurnal yang dimuat dalam Jurnal Cemerlang masih cuma-cuma, akan tetapi pada edisi selanjutnya akan dibebankan biaya administrasi,” ungkap Hidayatullah.

Dalam hal menerbitkan Jurnal Cemerlang, APTISI akan menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang berkompenten baik itu dosen PTS maupun dosen dari PTN yang dianggap mumpuni di bidangnya.

“Edisi pertama akan dicetak sebanyak 100 eksemplar, kemudian didistribusikan ke seluruh PTS dan pihak-pihak yang dianggap perlu. Selain dalam bentuk cetak, jurnal tersebut akan tersedia dalam bentuk e-paper yang akan dimuat secara online,” ungkapnya.

Ketua LP2M STKIP BBG Imbau Dosen Kirimkan Tulisan ke Jurnal Cemerlang

Penerbitan Jurnal Cemerlang disambut baik oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu pendidikan Bina Bangsa Getsempena (STKIP BBG), Isthifa Kemal, M.Pd. Ia berharap dengan adanya Jurnal Cemerlang, kendala dosen di PTS dalam hal mempublikasikan hasil penelitiannya, dapat teratasi dengan adanya Jurnal Cemerlang ini.

“Kita mengimbau kepada para dosen, khususnya dosen di STKIP BBG agar dapat mengirimkan tulisannya yang ingin dipublikasikan dalam bentuk jurnal. Kita mengharapkan ke depannya, tidak ada lagi kendala-kendala ke mana ni mau mempublikasikan tulisan? Salah satu wadahnya, kita bekerja sama dengan APTISI untuk menerbitkan Jurnal Cemerlang,” ungkap Isthifa kepada BBG News.

Menurut Isthifa, Jurnal Cemerlang yang baru saja memiliki ISSN 2442-9554 ini merupakan jurnal pertama yang diterbitkan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Aceh (APTISI). Sebelumnya, belum ada jurnal yang diterbitkan oleh APTISI se-Indonesia lainnya.

“Penerbitan Jurnal Cemerlang diharapkan dapat menjadi syarat pengusulan fungsional para dosen. ISSN jurnalnya sudah ada namun belum terakreditasi karena masih baru sehingga belum memenuhi persyaratan untuk pengusulan akreditasi jurnal. Akan tetapi, kita mengharapkan Jurnal Cemerlang ini menjadi wadah para dosen agar dapat mempublikasikan tulisannya dalam bentuk jurnal.” (Nuth/BBG News)

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berpartisipasi untuk menulis jurnal dan diterbitkan di Jurnal Cemerlang agar dapat mengirimkan tulisannya ke email: jurnal@aptisi13aceh.org paling lama tanggal 10 Mei 2015. Adapun edisi pertama Jurnal Cemerlang akan kita terbitkan pada Mei 2015.